Pengadilan Agama Labuha

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA LABUHA KELAS II

Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara Gelar Assessment Eksternal Surveillance

Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara pada hari Selasa (16/11) telah melaksanakan Assessment Eksternal Surveillance Akreditasi Penjamin Mutu untuk Pengadilan Agama Labuha. Kegiatan Akreditasi Penjamin Mutu diinisiasi oleh Kementerian PAN & RB. Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan Pengadilan Agama Labuha mengimplementasikan Akreditasi Penjamin Mutu dan layak mendapatkan Sertifikat APM.

Lead Assessor Bapak H. Jainudin Zaman, S.H.,M.H. menyampaikan bahwa metode assessment eksternal ini adalah interview, observasi, verifikasi, demonstrating, dan sampling. Dengan assessment ini akan mendapatkan temuan-temuan yang harus ditindaklanjuti oleh Pengadilan Agama Labuha.

Assessment Eksternal Surveillance ini dilakukan oleh tiga Assessor yaitu Bapak H. Jainudin Zaman, S.H.,M.H., Bapak Abdul Rifai, S.H.I., dan Bapak Muhamad Agus Hayyudin, S.Kom. kepada tujuh area diantaranya Area I Kepemimpinan, Area II Fokus Pengguna, Area III Manajemen Proses, Area IV Rencana Strategis, Area V Manajemen Sumber Daya, Area VI Sistem Dokumen, dan Area VII Hasil Kinerja.

Diakhir kegiatan Tim Assessor menggelar pertemuan dengan tajuk Closing Meeting Assessment Eksternal Surveillance Akreditasi Penjamin Mutu Pengadilan Agama Labuha. Dalam sambutannya, Lead Assessor H. Jainudin Zaman, S.H.,M.H. menyatakan bahwa untuk mendapatkan sertifikat APM kita harus berkomitmen. “Kita melaksanakan APM ini, seikhlas mungkin.” tutur pria yang juga menjabat sebagai Panitera PTA ini. Setelah Lead Assessor memberikan sambutan, Bapak Abdul Rifai, S.H.I. sebagai anggota Tim Assessor menambahkan beberapa catatan yang perlu untuk ditindaklanjuti oleh Pengadilan Agama Labuha. Dalam hal tersebut, Bapak Abdul Rifai, S.H.I. menggarisbawahi bahwa terdapat kontrak kerja yang ketika sudah ditandatangani maka sebelum batas waktunya temuan-temuan yang ada harus sudah diselesaikan. Sebagai pelecut untuk pegawai Pengadilan Agama Labuha, Lead Assessor Bapak H. Jainudin Zaman, S.H.,M.H. menuturkan bahwa dalam melaksanakan APM, kita harus bersungguh dalam bekerja. “Mari kita sama-sama membangun Pengadilan Agama Labuha” tutup Bapak H. Jainudin Zaman.

Tinggalkan komentar