Pengadilan Agama Labuha

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA LABUHA KELAS II

Jurusita PA Labuha Selamat dari Insiden Terbakarnya Kapal Motor Karya Indah

Kapal Motor (KM) Karya Indah yang mengangkut 181 penumpang dan 14 anak buah kapal (ABK) mengalami kebakaran pada Sabtu (29/5/2021) sekitar pukul 07.00 WIT.

Peristiwa terbakarnya kapal terjadi di perairan Lifmatola Kecamatan Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara.

Dikutip dari kompas.com, Kepala Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ternate Affan Tabona menuturkan, seluruh penumpang dan ABK selamat. “Dan informasi terakhir, seluruh penumpang selamat. Untuk jumlah penumpang yang tercatat, kurang lebih 181 orang,” ujarnya.

Kabar ini membuat aparatur Pengadilan Agama wilayah PTA Maluku Utara khususnya Pengadilan Agama Labuha terkejut, pasalnya salah satu pegawai Pengadilan Agama Labuha terdaftar di manifes atas nama Amina Difinubun yang menjabat sebagai Jurusita.

Amina Difinubun ketika akan kembali ke Labuha (dok. PA Labuha)

Amina bertugas melaksanakan pemanggilan di Taliabu atas permintaan delegasi dari PA Banggai harus melalui Ternate untuk sampai di Kepulauan Sula, Ibu dua anak ini memutuskan untuk berangkat ke tujuan, Jumat malam tanggal 28 Mei 2021 dengan menumpangi Kapal Motor (KM) Karya Indah.

Dalam kesaksiannya, Amina menuturkan ketika kapal mulai mengeluarkan asap hitam tebal, penumpang diarahkan untuk mengenakan pelampung, namun disaat api mulai membumbung dan asap hitam semakin pekat, atas arahan ABK, seluruh penumpang kemudian diharuskan untuk meninggalkan kapal dengan melompat ke laut. Amina melanjutkan bahwa setelah melompat ke laut, dia bersama-sama penumpang lainnya masih harus berjuang berenang ke arah perahu karet beserta kapal nelayan yang mendekat. “Kami kemudian dievakuasi disalah satu desa di depan pulau Lifmatola” Ujar Perempuan kelahiran Maluku Tenggara ini.

Ketika diberi pertanyaan apakah ada trauma menaiki kapal dikemudian hari, Beliau hanya menjawab, “Ketika diberi tugas melakukan pemanggilan diluar pulau lagi, saya akan tetap melaksanakannya dengan penuh tanggungjawab” Tegas Amina.

Dilain kesempatan, Panitera Pengadilan Agama Labuha, Naim Abdurauf, S.H. mendorong untuk secepatnya dibentuk Pengadilan Agama Sanana mengingat luasnya wilayah yurisdiksi Pengadilan Agama Labuha.

Tinggalkan komentar