Berita PA Labuha

Inventarisasi Permasalahan Hukum Kanwil Kemenkumhan Malut di PA Labuha

Administrator | Rabu, 27 November 2013 - 05:28:20 WIT | dibaca: 1981 pembaca

Tim Kanwil Kemenkumham Saat Diterima di Ruang Pansek PA Labuha

Labuha | www.pa-labuha.go.id

Dalam rangka menunjang perencanaan pembangunan hukum pusat dan daerah pada khususnya, Kanwil Kementrian Hukum dan HAM Maluku Utara melaksanakan kegiatan Penyusunan Peta Permasalahan Hukum di Provinsi Maluku Utara di mana salah satunya di kabupaten Halmahera Selatan yang terletak di pulau Bacan.

Instansi yang menjadi objek penghimpunan dan penginventarisasian permasalahan hukum tersebut ada 3 (tiga) yakni : Pengadilan Negeri Labuha, Pengadilan Agama Labuha serta POLRES kabupaten Halmahera Selatan.

Tim yang diturunkan untuk menghimpun serta menginventarisir data permasalahan hukum sesuai Surat Perintah Nomor W.29-HN.01.05-2260 yang dikeluarkan oleh Kakanwil Kemenkumham Maluku Utara Bambang Haryono, Bc. IP., SH., MH. Terdiri dari 5 (lima) orang yang masing-masing adalah:

  1. Zulfikar Gailea, SH. (Kasub Bidang Pengembangan Hukum);
  2. Teguh Firmanto, SH., M. Si. Kasub Bidang SJDIH);
  3. Irmawati Naimuddin, SH. (Staf pada Sub Bidang SJDIH);
  4. Rehanus K. Hontong, SH. (Staf Sub Bidang Pengembangan Hukum);
  5. Zunaidi Yasin (Staf Sub Bidang Pengembangan Hukum);

Khusus di Pengadilan Agama Labuha tim tersebut fokus pada inventarisasi data perkara diterima, jenis perkara, usia para pihak berperkara, serta faktor penyebab perceraian. Meski demikian, tim juga beraudiensi dengan Panitera/Sekretaris PA Labuha Jasmani Lamasa, SH serta petugas meja informasi Naim Abdurauf, SH (Wapan PA Labuha) terkait permasalahan-permasalahan kontemporer yang terjadi di Pengadilan Agama Labuha selama memberikan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan.

Khusus untuk inventarisasi data perkara terkait poin-poin yang diminta tim, petugas meja informasi dengan percaya diri memberikan penjelasan gamblang serta data visual melalui sistem pelaporan aplikasi SIADPA Plus (Info Perkara Online) dan petugas menjelaskan bahwa tanpa hadir di PA Labuha pun tim bisa melihat laporan tersebut secara online dari manapun aksesnya karena laporan tersebut telah dipublikasikan secara online.

Tim verifikasi memberikan apreseasi atas kemajuan yang telah dicapai PA Labuha dalam memberikan informasi yang transparan terkait hak-hak masyarakat pencari keadilan. Lebih lanjut ketua Tim verifikasi menekankan pentingnya memberikan keseimbangan antara hak-hak hukum dan hak-hak asasi bagi mereka.

Saat ini masih sering terjadi ketimpangan dalam banyak hal terkait pemenuhan hak-hak masyarakat pencari keadilan. Sering sekali masyarakat dirugikan terkait dengan pemenuhan hak-hak asasinya. Sebaliknya Negara lebih mengedepankan tuntutan hukum dalam porsi yang lebih dominan. Seharusnya kita samakan hak-hak mereka antara hak hukum dan hak asasinya” demikian ujar ketua Tim Verifikasi yang tampak serius dalam menyampaikan gagasannya tersebut.

Setelah kurang lebih satu jam lamanya, proses penghimpunan dan verifikasi permasalahan hukum di PA Labuha oleh tim selesai. Acara ditutup dengan penyampaian ucapan terimakasih dan permohonan maaf atas jalannya verifikasi baik dari tim maupun tuan rumah. Dan pihak PA Labuha serta tim yang datang melakukan verifikasi sepakat untuk memajukan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan.










Komentar Via Website : 291
cara membuat donat
21 Desember 2013 - 08:20:10 WIB
suwon infonya
manfaat buah manggis
23 Desember 2013 - 08:41:28 WIB
thanks banget artikelnya
kata mutiara
24 Desember 2013 - 10:40:24 WIB
super banget artikelnya
harga hp oppo
25 Desember 2013 - 03:29:57 WIB
keren banget artikelnya
resep bakwan sayur
28 Desember 2013 - 08:43:20 WIB
suwon banget artikelnya
resep kue bolu
30 Desember 2013 - 12:23:21 WIB
thanks banget sekali artikelnya
manfaat buah nanas
01 Januari 2014 - 19:43:47 WIB
suwon banget sekali artikelnya
wisata bahari lamongan
02 Januari 2014 - 12:07:59 WIB
ayo di update terus ya artikelnya
harga blackberry q10
03 Januari 2014 - 21:19:40 WIB
makasih banget sekali artikelnya http://ratutelur.blogspot.com
lukisan minimalis
07 Januari 2014 - 17:04:42 WIB
makasih ya artikelnya kunjungi http://rumahcoy.blogspot.com/


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)